Viral Di Medsos Lambang Garuda Indonesia Diubah jadi Ayam Oleh YouTuber Malaysia

0
86

POSBUMI.COM, JAKARTA – Publik Indonesia dibikin geram dengan sebuah konten YouTube yang disebut-sebut dibuat oleh YouTuber Malaysia. Konten tersebut dianggap menghina Indonesia karena membuat parodi Lagu Indonesia Raya.

Tidak hanya itu, dalam video tersebut juga menampilkan Lambang Negara Garuda Pancasila yang diubah jadi gambar ayam. Belum lagi ada gambar yang menampilkan dua anak kecil membuang air ke arah bendera Merah Putih.

Masyarakat Indonesia bereaksi keras soal ini. Lantaran lirik lagu parodi Indonesia Raya berisi hinaan dan kata-kata negatif.

“Ban**atlah rakyatmu, hinalah negerimu, untuk Indognesial jahanam.” bunyi salah satu penggalan lirik yang tertulis dalam video tersebut.

Meski saat ini video itu sudah tidak lagi bisa disaksikan di YouTube, namun sudah dilaporkan ke Polisi Diraja Malaysia. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Teuku Faizasyah, lewat juru bicaranya menjelaskan bahwa pelaku pembuat video akan dicari pelakunya.

Proses penelusuran sudah dilakukan. Setelah ditemukan pelakunya akan ditindak tegas. Hal itu juga ditegaskan oleh Kedubes Malaysia.

“Berkoordinasi dengan pihak PDRM menelusuri dan mencari pelakunya karena ini kan suatu hal yang memang menjadi perhatian di masyarakat kita, di Indonesia,” kata Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI KL, Yoshi Iskandar.

“Jika ternyata video tersebut diunggah oleh seorang warga negara Malaysia, akan dilakukan tindakan tegas berdasarkan ketentuan hukum setia yang ada,” tulis Kedubes Malaysia.

Kecaman keluar pula dari Pemerintah Malaysia karena konten video tersebut dianggap melanggar dan memprovokasi. Terlebih karena video seperti ini bisa mempengaruhi kedekatan hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

“Pemerintah Malaysia mengecam keras setiap pelanggaran dan provokasi negatif yang bermaksud mempengaruhi kedekatan hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia,” tambahnya.

Musisi senior Iwan Fals bersuara soal ramai-ramai parodi lagu Indonesia Raya. Lewat Twitter dia menulis pesan pendek buat masyarakat Indonesia.

“Lagu Indonesia Raya diplesetin…Jangan Kepancing…,” kicaunya dengan emoticon neutral face.

Di bawah kicauan itu, netizen juga turut berkomentar. Salah satunya harapan agar YouTuber asal Malaysia itu segera ditangkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here