Wujud Kedekatan Babinsa Dengan Warganya, Terapkan 8 TNI Wajib

0
34

POSBUMI.COM, PENAJAM – TNI miliki pedoman disetiap langkahnya, salah satunya 8 wajib TNI dan seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) tidak hanya harus memantau wilayahnya saja namun, juga berkomunikasi dengan masyarakat serta melakukan pembinaan di wilayah, juga dapat ikut serta membantu kesulitan masyarakat binaannya.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Koramil Penajam, Kodim 0913 Penajam Paser Utara (PPU), Serda Herry dengan membantu Misnen Ardiansyah mencungkil kelapa yang berada di samping warungnya RT 04 Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (2/11/2020).

Kepada awak media Serda Hery mengatakan,“Buruh mencungkil kelapa yang akan di jadikan copra tersebut adalah milik H. Hasan yang dilakukan oleh Ardiansyah dengan rincian perkwintal kering dikasih upah 80 ribu, kelapa sortirannya bisa jual 3 sampai 4 kwintal di kali 80 ribu dan perbiji dihargai dengan Rp. 200 rupiah, dalam sehari bisa sampai 1.500 biji,” kata Babinsa .

Herry sebagai anggota di TNI (Alumni 96-2) yang berada di Satuan Teritorial mengaku senang dapat melaksanakan tugas sebagai Babinsa yang kurang lebih baru menjabat 8 bulan tersebut di Koramil Penajam .

“Saya sebagai Babinsa wilayah Kelurahan Tanjung Tengah di sini merasa senang dan bangga selain mengawasi para pengunjung wisata pantai juga dapat membantu warga dengan mencungkil kelapa, dulu sebelum menjadi anggota TNI saya adalah petani dan sudah terbiasa membantu orang tua mencungkil kelapa baik untuk di jual maupun di buat minyak dan ini memang penjabaran dalam 8 Wajib TNI,” ujar Herry ketika selesai membantu mengcungkil kelapa.

Menurut pengakuan Ardiansyah dalam sehari bisa mencapai 50 Kg, itupun kalau cuaca panas dan pasokan kelapa lancar, sebelum di cungkil kelapa harus di jemur selama dua hari ,”ujar Ardiansyah.

Dandim 0913 PPU saat di hubungi awak media menyampaikan, benar Babinsa tersebut telah melaksanakan salah satu tugasnya yang tertuang dalam 8 Wajib TNI, yaitu mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya.

“Hal tersebut memang sering kami sampaikan kepada seluruh prajurit khususnya Babinsa jajaran Kodim 0913/PPU untuk senantiasa berperan aktif dan berbaur dengan masyarakat dalam rangka kemanunggalan TNI dan rakyat,” papar Dandim Letkol Inf Dharmawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here