Demi Kemanusiaan, Pelukis Artodoc Menggelar Lelang Lukisan di Cianjur

0
1142

POSBUMI.COM, CIANJUR –  Kerja kebudayaan memang tidak melulu terpaku pada soal-soal kekaryaan semata. Satu sisi,  membuka sekaligus melibatkan diri bersama kelompok lain adalah bentuk kerjasama sebagai cara memperluas jaringan antara pekerja kebudayaan lainnya. Adalah bagian dari mengelaborasi praktik kerja kebudayaan yang inklusif.

Pekan lalu,  kelompok pelukis yang tergabung dalam Komunitas “Artodoc” kembali mengukir peristiwa dalam sejarah seni rupa Banten dengan bekerjasama bersama  Yayasan Istana Kelompok Sehat Jiwa (KSJ), Cipanas,  Kabupaten Cianjur,  Jawa Barat.

Kedatangan Artodoc untuk menuhi undangan pihak  Yayasan Istana KSJ dalam rangka memeriahkan “Art In Mental Health”, yang digelar pada 07-08, Maret 2020.

Selain mengadakan pameran karya lukis, para seniman Tangerang ini menggelar workshop gratis bagi para masyarakat setempat yang berminat pada seni rupa. Lalu diakhiri dengan kegiatan mural dan lelang lukisan,  yang hasil lelang di sumbangkan kepada panitia acara tersebut.

Yayasana Istana KSJ yang memiliki concern pada kerja kemanusiaan di bidang kesehatan jiwa, sangat antusias menyambut itikad baik dari kelompk pelukis Artodoc ini.

Artodoc merupakan kelompok senirupa yang berdomisili di Karawaci residence Blok.D7 /10 Kelapa Dua Tangerang. Kelompok yang digawangi Yayat Lesmana ini memang kerap terlibat dalam event-event kesenian baik yang bertajuk sosial,  maupun seni murni yang memang menjadi concern bagi aktifitas mereka sehari-hari.

Ridwan Manantik,  salah seorang praktisi seni yang memprakarsai keterlibatan Artodoc dalam acara ini mengatakan, ruang lingkup kesenian itu bukan hanya di dalam sanggar saja. Tapi tiap sudut alam yang luas bisa menjadi arena untuk mengeksplorasi segala bentuk kretifitas,  asal disesuaikan dengan kemampuan.

“Di tengah kondisi pasar senirupa yang sepi, ditambah modal yang hanya nekat dan swadaya sendiri, aksi pasukan Artodoc ini layak mendapatkan apresiasi dari masyarakat terutama para insan seni lainnya,” ucap Ridwan Manantik

“Bravo Artodoc, maju terus!,” tutupnya (rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here