Kabul jatuh ke tangan Taliban

0
77

POSBUMI.COM, KABUL – Ibukota Afghanistan telah jatuh ke Taliban lebih cepat dari perkiraan. Penerbangan dari Dubai menuju Kabul harus terbang kembali, karena tidak diijinkan mendarat di bandara Kabul.

Staf diplomatik AS dan negara2 anggota Nato lainnya dievakuasi ke bandara untuk secepat mungkin diterbangkan ke negara masing2.
Pesawat angkatan udara Jerman, Luftwaffe mengirimkan beberapa pesawat untuk evakuasi staf Kedubes Jerman di Kabul.

Sementara itu Rusia memutuskan untuk tetap membuka kedubesnya di Kabul, kata pejabat Kemenlu Rusia, samir Kabulow. Rusia juga meminta PBB segera meminta agar Dewan Keamanan PBB bertindak segera untuk mencegah bencana kemanusiaan

Sampai saat ini hanya terdengar beberapa tenbakan di sekitar Kabul. Diperkirakan akan terjadi pemgambilalihan kota Kabul oleh Taliban tanpa kekerasan, seperti yang diharapkan dari perundingan antara AS dan Taliban di Doha.

Pimpinan Taliban , Mullah Baradar dari pengasingannya tiba di Kabul dan akan bertemu dengan wakil pemerintahan Afghanistan di istana kepresidenan. Intinya untuk berunding tentang pemerintahan transisi dan mencegah pertempuran.

Sementara itu, Uni Eropa mempersiapkan segala kemungkinan mengalirnya ribuan pengungsi dari Afghanistan ke Eropa.

Sumber: Der Spiegel, 15 Agustus 2021Pk 11.14 Waktu Eropa Tengah
(wwa/SDJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here