Keahlian Babinsa Koramil 01/Sungai Mas Operasionalkan Mesin Perontok Padi Membantu Ringankan Beban Petani

0
144

POSBUMI.COM, ACEH BARAT – Demi terwujudnya swasembada pangan di wilayah, Babinsa Koramil 01/Sungai Mas Kodim 0105/Abar Serma Herman langsung terjun ke Sawah turut ikut membantu para Petani di Desa binaannya yang tengah merontokkan hasil panen (Padi) dengan menggunakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bertempat di Desa Kajeung Kecamatan Sungai Mas, Sabtu (18/2/2023).

Dalam pelaksanaan tugas di wilayah, selain memberikan rasa aman dan nyaman, Babinsa juga mempunyai kewajiban untuk bisa membantu mensukseskan bidang Pertanian yang menjadi program Pemerintah. Disamping itu, peran aktif Babinsa ini juga membuktikan bahwa TNI selalu ada untuk Rakyat.

Layaknya yang diaplikasikan oleh Serma Herman, pasca panen dirinya juga ikut membantu tahap perontokan Padi dengan menggunakan Mesin perontok. Keahlian yang dimilikinya, tak ayal membantu meringankan beban kerja Petani dan yang paling utama proses perontokan cepat terselesaikan.

โ€œHal ini Kami lakukan sebagai wujud peran serta TNI khususnya Babinsa dalam mendampingi Petani guna mewujudkan Ketahanan Pangan (Han Pangan), sekaligus untuk menunjukan bahwa TNI itu selalu manunggal bersama rakyat dalam situasi maupun kondisi apapun. Hari ini Kami membantu Bapak Usman dan di hari – hari berikutnya Kami akan terus membantu warga lainnya,” janji Serma Herman.

Dalam proses perontokkan Padi, Babinsa dan Petani kerap bergantian peran, terkadang Babinsa yang jadi Operator sementara Petani sebagai Co Operator dan sebaliknya. Hal ini mengisyaratkan kedekatan maupun keakraban Babinsa dengan Petani begitu kental dan humble. Bak tak ada Dinding atau sekat pemisah, sembari bekerja Babinsa bersama Petani terlihat ceria penuh canda tawa ditengah auman Mesin perontok Padi.

Tentunya pemandangan ini sangat membahagiakan bagi semuanyan tak terkecuali Usman selaku Tuan Rumah atau pemilik lahan.

“Kami sangat terbantu dan senang dengan adanya uluran Tangan dari Babinsa yang turun lansung ke lapangan, sehingga pekerjaan Kami menjadi ringan dan cepat terselesaikan. Babinsa mengajarkan Kami bagaimana mekanisme merontokkan Padi agar cepat selesai namun jauh dari kesan melelahkan. Dan hari ini telah dibuktikan oleh Babinsa”, terang Usman penuh girang

Apalagi, Babinsa selama ini memang telah membuktikan kerap membantu para Petani. Mulai dari persiapan lahan, penyemaian bibit, penanaman, perawatan hingga sampai dengan proses pemanenan dan perontokkan seperti sekarang ini.

Saat ngaso, Serma Herman tak luput menyelipkan pesan kepada Bapak Usman agar menyimpan gabahnya ditempat yang kering agar tidak berjamur dan bau apek. Pasalnya, saat ini cuaca tidak menentu terkadang tiba – tiba hujan jadi jangan sampai situasi ini menimbulkan kerugian. (yk/red)

Sumber : Kodim 0105/Abar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here