Mari Jaga Imunitas Tubuh di Saat Pandemi dengan Berlatih Beladiri Bara Matahari

0
161

POSBUMI.COM, JAKARTA – Badai Corona yang menghantam dunia mengakibatkan kelumpuhan dalam berbagai sektor kegiatan masyarakat. Tak terkecuali perguruan Beladiri yang banyak terdapat di Indonesia pun ikut terkena imbasnya.

Salah satunya adalah Perguruan Beladiri Bara Matahari Sport Center yang didirikan oleh Kak Ari Suseno, seorang pensiunan pegawai swasta perusahaan eropa.

Bara Matahari Sport Center didirikan oleh kak Ari Suseno pada tanggal 23 Januari 2014.

Ari Suseno adalah seorang ahli praktisi ilmu olah napas KATEDA yang sudah dipelajarinya sejak Maret 1975 dibawah bimbingan langsung maha guru Lionel Henry Nasution dan guru besar Otong Barudin.

Sebagai murid tunggal dari kak Otong Barudin yang masih aktif dan exsis, dengan adanya beban moril dan tanggung jawab atas ilmu pernapasan yang didapatkannya.

Ari Suseno terus melanjutkan jejak sang guru dengan cara mengembangkannya dengan mendirikan Bara Matahari.

Memasuki Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 76, beberapa daerah di Provinsi Banten termasuk Kota Tangerang didalamnya mendapatkan kado istimewa yaitu telah keluar dari zona merah dan masuk PPKM Level 3.

Hal ini disambut dengan sukacita oleh Kak Ari Suseno. Kemudian mengajak anggota yang tergabung dalam Perguruan Beladiri Bara Matahari untuk kembali mengadakan latihan bersama.

Melalui latihan Beladiri yang rutin juga mampu menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh yang sangat bermanfaat khususnya dimasa pandemi Covid-19.

Kepada media posbumi.com, Ari Suseno menjelaskan, “Materi utama dalam perguruan Bara Matahari Sport Center adalah Martial art (beladiri) & keepfit (kebugaran). Salah satu cabang keepfit yang sudah berjalan dan aktif adalah PT. Pharos (Century) di Permata hijau Jakarta Selatan.”Jum’at (3/9/2021).

Bara Matahari adalah Perguruan Beladiri aliran KATEDA, yang mengutamakan latihan olah pernapasan dalam materi pembelajarannya.

Pernapasan yang dilatih dengan menggunakan metode tertentu, mampu membangkitkan Tenaga Inti atau tenaga dasar yang ada pada manusia.

Apa itu Bara Matahari ?

Bara Matahari Sport Center adalah :

* Perguruan Beladiri asli produk anak bangsa dan budaya Indonesia.

* Ilmu pernapasan tertua asli Indonesia.

* Lebih mengedepankan hubungan persaudaraan.

* Berperan aktif dan turut serta dalam melestarikan budaya bangsa.

Tenaga Inti atau Tenaga Dasar

Konsep Tenaga Inti atau tenaga dasar dalam Kateda (TD) adalah energi yang dimiliki setiap manusia sejak lahir.

Manusia memiliki unsur kimia (Body Chemistry) yang bernama ATP (Adenosine Tri Phospate) yang dihasilkan oleh salah satu organ sel yang bernama mitochondria melalui proses respirasi sel.

Melalui ATP ini dapat berubah menjadi energi atau tenaga inti melalui proses metabolisme tubuh.

Tenaga inti yang dihasilkan ATP berupa panas tubuh dalam kesehariannya berfungsi :

1. Membantu lancarnya penyaluran adrenalin.

2. Menghidupkan kimia tubuh untuk membentuk kekebalan tubuh (anti bodi).

3. Menghidupkan aktivitas pencernaan dan

4. Menghidupkan semua aktivitas organ dalam manusia.

Selain itu berfungsi sebagai energi cadangan, misalnya setelah lelah berolah raga kemudian sejenak beristirahat maka tenaga kita akan pulih kembali. (D&R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here