Obat Keras Ilegal Tramadol dan Excimer Masih Marak Dijual Bebas di Wilayah Kecamatan Pinang

0
950

POSBUMI.COM, TANGERANG – Peredaran obat keras ilegal jenis Tramadol dan Excimer, golongan G atau penenang yang berkedok toko kosmetik masih marak terjadi di Kota Tangerang.

Tepatnya di Bojong Poncol, RT 01/RW 014, Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, berkedok toko kosmetik, toko tersebut dengan leluasa menjual obat keras ilegal kepada remaja dan pemuda di Kota Tangerang.

Anehnya, pedagang tersebut pernah digerebek oleh polisi, namun masih tetap saja membandel dengan membuka kembali toko obat keras ilegal jenis Tramadol dan Excimer golongan G.

Keberadaan toko obat keras ilegal ini diketahui tidak memiliki ijin usaha dan tidak ada laporan dari ketua lingkungan setempat, seperti Ketua RW dan Ketua RT.

Seolah tidak ada efek jera, pedagang Tramadol dan Excimer golongan G ini masih leluasa berjualan di tengah-tengah masyarakat, tanpa ada rasa khawatir dan takut.

“Yang Laen juga banyak dagang obat,’ nanti dampaknya ke semua,” ucap pedagang

Perlu diketahui, seharusnya obat tersebut digunakan untuk mengobati orang yang terkena gangguan mental. Seperti perilaku agresif yang membahayakan, kecemasan dan kegelisahan skizofrenia, psikosis, serta autisme.

Dan obat-obatan tersebut dijual atas dengan resep dari dokter. Dan semestinya transaksi terlarang ini mendapat pengawasan dari BPOM dan Dinas Kesehatan setempat.

Excimer juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Di antara efek samping Excimer adalah dapat menimbulkan rasa pusing, mual, penglihatan yang menjadi kabur, muntah, gemetar, detak jantung yang menjadi lebih cepat, rasa kantuk yang terlalu dan masih banyak lainnya.

Dari efek samping Excimer saja, sudah jelas jika obat ini akan sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang panjang.

Ini adalah salah satu obat yang tidak dijual bebas, perlu adanya keterangan dari dokter yang cukup ketat untuk bisa mengonsumsi obat ini. Efek samping yang berbahaya dari Excimer bisa menjadi berbahaya jika sudah dalam tahap lanjut. Obat ini juga memiliki zat yang menyebabkan kecanduan, ini yang kemudian menjadi sangat berbahaya.

 

Wartawan: Adien Prawira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here