Pemerintah Desa Kedungkebo Segerakan PKTD Guna Tanggulangi Dampak COVID-19

0
591

POSBUMI.COM, PEKALONGAN-JATENG. – Untuk mengurangi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19, Pemerintah desa (Pemdes) Kedungkebo Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan mulai dilaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Menurut Kepala Desa Kedungkebo, Irawan Eko dalam situasi pandemi ini tidak berarti semua orang harus tinggal di rumah.Sebagian tetap bekerja. Namun, pelaksanaan program PKTD ini menjalankan protokol kesehatan, jaga jarak perorangan dan menghindari kerumunan dan memakai alat masker sebagai pelindung dari penyebaran virus corona atau Covid-19.

“ Menjaga jarak, memakai masker, sehingga pelaksaan program PKTD tidak mengganggu upaya kita dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Iwan, Rabu (22/4/2020).

Ia juga meminta, seluruh masyarakat yang melakukan kegiatan di luar rumah harus memakai masker, demi mencegah dari terinfeksi dari virus Covid-19.

“Adapun kegiatan PKTD ini, dapat upah harian, tunai,untuk pekerja ucap Iwan.

Ia berharap, program padat karya tunai , dapat mempertahankan daya beli masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19.

“Karena tak sedikit warga, secara ekonomi selaian kehilangan pekerjaan, juga tak biasa aktifitas akibat dampak pandemi virus corana ini,”ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa pelaksanaan PKTD ini sesuai dengan instruksi Menteri Desa, pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Menteri Dalam Negeri.

Dimana akibat wabah Covid 19, telah berdampak serius terhadap sendi sendi ekonomi masyarakat, tak terkecuali masyarakat di pedesaaan.

“Dengan adanya program ini, secara ekonomi setidaknya bisa membantu daya beli masyarakat, terutama bagi masyrakat terdampak virus ini,” kata Iwan sapaan akrabnya.

( HENDRI )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here