Pemerintah Kabupaten Lamongan kembali menggelar Lamongan Muharram Festival 1445 Hijriah

0
136

POSBUMI.COM,KAB.LAMONGAN – Sambut detik-detik pergantian tahun baru islam, Pemerintah Kabupaten Lamongan kembali menggelar Lamongan Muharram Festival 1445 Hijriah, di Alun-Alun Lamongan, Selasa (18/7/2023).

Kembali hadirnya Lamongan Muharram Festival, menurut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, menjadi spirit menyongsong tahun baru islam, sekaligus untuk intropeksi diri.

β€œMoment ini kita adakan untuk bisa intropeksi apa yang kurang dan belum baik agar bisa hijrah di tahun berikutnya dan untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan dengan sebaik-baiknya,” turur Pak Yes.

Event tahunan yang ditujukan untuk merajut ukuwah islamiah masyarakat Lamongan, dimeriahkan dengan berbagai kegiaan mulai dari diberangkatkannya pawai ta’aruf oleh Pak Yes, yang diikuti 26 lembaga sekolah SMP, MTS, SMA, SMK, MAN, dan Pondok Pesantren se-Kecamatan Lamongan. Hingga ditutup dengan kedatangan band asan Jogjakarta yakni Letto.

Para peserta yang ikut serta memeriahkan pawai tersebut menyusuri rute yang di mulai dari Depan Pendopo Lokatantra – JI.Ahmad Yani – Belok Ke kiri JI.HOS.Ckroaminoto – Belok Ke kiri JI.Basuki Rahmat- Belok Ke kiri JI.Lamongrejo – Finis di Pintu Masuk Alun-alun sebelah timur.

Uniknya, para peserta pawai mengenakan konsum kreasi yang bertemakan karya seni budaya islam, mulai dari munculnya tokoh-tokoh wali songo, tokoh-tokoh islam Lamongan, hingga replikasi budaya timur tengah.

β€œSebagaimana dilaksanakan pada tahun-tahun lalu, setiap pergantian tahun hijriah kita melaksanakan muharram festival, dna alhamdulillah di tahun ini kita bisa kembali melaksanakan dengan meriah. Mudah-mudahan ini dapat menjadi spirit untuk kita semua memasuki tahun hijriah tahun 1445 H,” tambah Pak Yes.

Berdasarkan perhitungan secara hisab atau astronomi, falakiah, sejak pukul 10.30 dini hari, posisi hilal di Lamongan khusunya Tanjung Kodok gelah mencapai ketinggian 6Β°. Sehingga secara wujudul hilal atau imkanur ru’yah dapat ditetapkan tanggal 18 Juli menjadi akhir tahun islam 1444 H.

β€œSeluruh kriteria baik wujudul hilal atau imkanur ru’yah sudah memenuhi syarat bahwa hari ini hari terakhir dan magrib sudah telihat, karena hilal sudah di atas imkanur ru’yah dan elongasi yang telah disepakati oelh para ahli,” pungkas Muzakin.(Doni/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here