PT Citra Tanamas Diduga Membuang Air Limbah B3 Ke Solokan Dan Membanjiri Jalan Raya

0
177

POSBUMI.COM, KABUPATEN TANGERANG| – Maraknya video durasi 31 detik yang viral, wartawan. dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Independen Bela Rakyat (KIBRA) langsung ke lokasi pada hari Sabtu (16/10/2021) di Pangkalan ojek telesonik Jalan Raya Serang KM 8 Gatot Subroto Desa Kadu Jaya Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang, Banten, terlihat bekas air yang berwarna keruh kekuningan seperti karatnya besi diduga limbah B3 yang mengandung bahan kimia dari PT. Citra Tanamas, Senin (18/10/2021).

Berdasarkan narasumber di pangkalan ojek bahwa limbah cairan berwarna keruh kekuningan seperti karatnya besi mengalir dari Solokan yang penuh dengan lumpur, menahan mengalirnya air sehingga membanjiri jalan raya diduga kuat dari PT. Citra Tanamas.

“Cairan berwarna keruh kekuningan seperti karatnya besi yang mengalir dari Solokan dan membanjiri jalan raya bukan sekali dua kali pak, sering sekali ini terjadi dan mengganggu aktifitas jalan serta cairan tersebut bisa membuat seketika karatnya motor,” kata tukang ojek yang tidak ingin di sebutkan indentitasnya.

Muhammad Natsir Junaid Ketua umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Independen Bela Rakyat (KIBRA) menjelaskan pada wartawan Poskota.Net, bahwa perusahaan kalau memang mempunyai Izin Pengolah Air Limbah (IPAL), kemungkinan tidak berwarna kuning seperti karatnya besi, sudah pasti air yang keluar dari IPAL itu sudah bersih.

“Air solokan yang saya lihat di lokasi bekas pembuangan air limbah yang diduga dari PT. Citra Tanamas dan berdasarkan narasumber jelas akan saya tindak ke jalur hukum,” ujar Muhammad Natsir Junaid.

Hasil investigasi Media dengan LSM terkait dugaan limbah yang di buang oleh salah satu pabrik.

Lanjut Muhammad Natsir Junaid mengatakan, Ia akan segera konfirmasi ke PT Citra Tanamas Jika benar air tersebut yang akan di uji Lab mengandung kimia ia akan membuat surat laporan ke DLHK Kabupaten Tangerang dan Kementrian lingkungan hidup agar penegak hukum dari KLH segera mungkin bisa mengatasi kecerobohan perusahaan tersebut.

“Saya akan buat surat somasi buat PT. Citra Tanamas dan menunggu Muhammad Natsir Junaidi
( AS / Red )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here