PWNU Jatim Gelar Istighosah Kubro Minta Berakhir Virus Corona-19 Di Bumi Indonesia

0
643

POSBUMI.COM,Surabaya– Minta Pandemi Corona Berakhir, PWNU Jatim Gelar Istighosah Kubro Online Pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) pada 8 April 2020.jam 17.00 Wib dengan melangsung kan Istighosah Kubro Online (IKO).

Istighosah Kubro Online ini dilangsungkan bertepatan dengan malam Nisfu Sya’ban 1441 Hijriyah pukul 19.30 sampai 21.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan guna mendoakan Indonesia dan seluruh negara agar pandemi virus corona segera berakhir.

“Kami mendoakan Indonesia agar corona segera sirna,” kata Wakil Sekretaris PWNU dan sekaligus Koordinator Istighosah Kubro Online PWNU Jatim, KH Syukron Dosi saat dihubungi Okezone Rabu (8/4/2020).

Kegiatan Itighosah agar pandemi corona berakhir melalui Istighosah kubro online ini akan melibatkan Gubernur Jawa Timur hingga para masyaikh yang akan langsung ikut memimpin dan mengikuti acara tersebut.

“Ya, masyaikh yang memimpin istighosah dan doa dari dua lokasi, yakni PWNU Jatim dan Pondok Pesantren Lirboyo. Dari Grahadi, sambutan oleh Gubernur Jatim,” ujar KH Syukron.

Para masyaikh yang dimaksud yaitu dari PWNU antara lain : KH Miftachul Akhyar, KH Nawawi Abd Jalil, KH Agoes Ali Masyhuri, KH Mutawakkil Alallah, KH Ubaidillah Faqih, KH Abd Adhim Kholili, KH Cholil As’ad, KH Marzuki Mustamar, KH Ali Maschan Moesa, KH Syafrudin Syarif, KH Dzulhilmi, Prof KH Abd A’la, KH Abd Hakim Mahfudz

Pondok Pesantren Lirboyo diantaranya KH Anwar Manshur, KH Kafabihi Mahrus, KH Nurul Huda Djazuli, KH Fuad Djazuli, KH Anwar Iskandar, KH Abd Hadi, KH Athoillah Anwar

Istighosah dilakukan secara online sebab adanya physical distancing atau sementara waktu dilarang untuk mengadakan kegiatan ibadah yang melibatkan banyak orang.

Selain itu, kata Kiai Syukron, istighosah kali ini dipilih bertepatan dengan malam Nisfu Syaban di mana pada waktu tersebut adalah saat yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT.

Sementara Imam Ghazali memberikan penjelasan panjang lebar mengenai keistimewaan malam Nisfu Syaban ini dalam kitab beliau.

” Mukasyafatul Qulub. Malam Nisfu Syaban adalah hari raya para penduduk langit, sebagaimana Idul Fitri dan Idul Adha adalah hari raya para penduduk bumi. Doa-doa akan diijabahi oleh Allah SWT,” terangnya.

(Doni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here