Raih MURI Ke 4 Tahun 2021, Rolas Sitinjak : Bukti Dedikasi BPKN RI Melindungi Hak Konsumen

0
54

POSBUMI.COM, JAKARTA – Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) melalui Komisi Advokasi menorehkan rekor nasional Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di bidang Penerimaan dan Penanganan pengaduan terbanyak dari sektor jasa keuangan tahun 2021, pada Rabu 22 Desember 2021.

Ketua Komisi Advokasi BPKN-RI, Dr. Rolas Sitinjak SH MH., mengatakan Prestasi MURI yang diraih BPKN RI melalui Komisi Advokasi berdasarkan banyaknya pengaduan dari masyarakat terhadap sektor keuangan di masa pandemic covid-19.

” Kami ucapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaannya terhadap lembaga BPKN-RI dalam hal perlindungan konsumen. Rekor MURI Bidang Penerimaan dan Penanganan Pengaduan terbanyak dari sektor jasa keuangan tahun 2021 adalah tercermin di mata masyarakat bahwa BPKN-RI adalah salah satu lembaga yang di percaya dapat melindungi hak-hak konsumen. Dan, Komisi Advokasi BPKN-RI adalah komisi yang secara khusus memiliki tugas dan fungsi dalam menerima dan menangani pengaduan dari masyarakat/pelaku usaha dan Lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat,” kata Dr. Rolas Sitinjak.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Rolas Sitinjak yang juga berprofesi Advokat menuturkan peran BPKN RI memiliki Fungsi dan tugas yang ditetapkan dalam Pasal 33 dan 34 UU 8/1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Dimana perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.

“Pada tahun 2017, pengaduan sektor jasa keuangan 127 pengaduan, pada tahun 2018, ada 22 pengaduan, tahun 2019, ada 75 pengaduan. Pada tahun 2020, ada 226 pengaduan. Tahun 2021, ada 2.152 pengaduan. That’s why Rekor MURI memberikan kepada kami rekor atas penerimaan dan penanganan pengaduan konsumen terbanyak,” papar Rolas Sitinjak dalam keterangan pers Penganugerahan Rekor MURI kepada BPKN Tahun 2021, secara virtual, Rabu (22/12/2021).

“ Negara harus hadir memastikan (Masyarakat/Konsumen) mendapatkan Hak – Haknya. Dan, Penganugrahan rekor dari MURI ini adalah bukti dedikasi BPKN-RI dalam memberikan perlindungan konsumen kepada masyarakat Indonesia,” terang Rolas Sitinjak.

Untuk diketahui, rekor MURI yang diraih BPKN RI bidang Penerimaan dan Penanganan pengaduan terbanyak dari sektor Jasa Keuangan tahun 2021 ini sebanyak 2.133 pengaduan. Asuransi menjadi sektor terbanyak yakni 1.832 pengaduan. Sisanya adalah sektor perbankan dan sektor lainnya pada jasa keuangan.

“ Dalam melaksanakan tugasnya, BPKN-RI semakin mendapat kepercayaan di masyarakat sebagai Lembaga negara yang melindungi konsumen. Hal ini dibuktikan dengan BPKN-RI telah menerima 4 (empat) Rekor MURI secara berturut-turut selama 4 (empat) tahun. Oleh sebab itu, kinerja kita harus semakin ditingkatkan sebagai bukti pengabdian kita kepada negara yang kita cintai,” tegas Dr. Rolas Sitinjak.

Berikut 4 (empat) Rekor MURI yang diraih secara berturut-turut oleh BPKN RI, diantaranya :

Rekor MURI 1 – Penghargaan atas Perjanjian Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dari Satu Provinsi pada tanggal 22 April 2018 dalam acara kegiatan donor darah.

Rekor MURI 2 – Penghargaan atas Edukasi Perlindungan Konsumen secara Serentak kepada Mahasiswa Terbanyak pada tanggal 20 Maret 2019 dalam acara kegiatan Hari Konsumen Nasional.

Rekor MURI 3 – Penghargaan atas Penerimaan Pengaduan Konsumen Terbanyak dari Sektor Perumahan pada tanggal 19 Agustus 2020.

Rekor MURI 4 – Penghargaan atas Penerimaan dan Penanganan Pengaduan Konsumen Terbanyak Sektor Keuangan pada tanggal 22 Desember 2021.

“Ke-4 Rekor MURI tersebut membuktikan bahwa Negara hadir dalam melindungi konsumen guna menuju konsumen berdaya. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada BPKN-RI.” pungkas Dr. Rolas Sitinjak. (yks/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here