Soft Opening Pasar Induk Jatiuwung, Pedagang: Optimis Tempat Usaha Menguntungkan

0
497

POSBUMI.COM, KOTA TANGERANG – Para pedagang buah dan sayur optimis Pasar Induk Jatiuwung menjadi tempat usaha yang menguntungkan. Haji Muhammad Kosim Anwar, perwakilan dari pedagang menjelaskan bahwa Pasar Induk Jatiuwung mumpuni, sangat bagus dan sesuai harapan pedagang. Bangunan dan lokasinya bagus, strategis serta area parkir luas.

Diungkap Haji Kosim, bila dibandingkan dengan pasar-pasar yang pernah ditempatinya, jauh lebih bagus Pasar Induk Jatiuwung. Ia bersama teman-teman pedagang lainnya optimis Pasar Induk Jatiuwung tempat usaha menguntungkan karena pembeli akan merasa aman serta nyaman dan lokasi strategis.

Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung saat ini telah mencapai 80 persen, sehingga pada pelaksanaan grand opening 31 Juli 2021 sudah mencapai kesempurnaan. Demikian diungkapkan Direktur Utama PT Bina Pasar Mandiri, Suwito saat soft opening Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung yang dihadiri ratusan pedagang buah dan sayur di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Sabtu 10 April 2021.

Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung berdiri di area seluas 43.000 meter persegi hadir sebagai terlengkap dan terbesar di Provinsi Banten. Pasar Induk Jatiuwung tersedia delapan blok dengan jumlah lapak sebanyak 1300, kios multifungsi ada 167 dan ruko untuk 42 unit bisa untuk bank, minimarket dan sebagainya.

Suwito menerangkan, Pasar Induk Jatiuwung dengan konsep modern, fasilitas lengkap, lokasi mudah dijangkau dengan motto Pasar Induk Beramanah (Bersih, Rapi, Aman dan Indah). Lokasinya sangat strategis di Jalan Gatot Subroto Kota Tangerang dekat perbatasan dengan Kabupaten Tangerang.

Diungkapkannya lebih lanjut, jarak lokasi Pasar Induk Jatiuwung dengan pintu Tol Bitung hanya tiga kilometer. Dari tapal batas Kota Tangerang dengan Kabupaten Tangerang berjarak 1,5 kilometer. Jadi praktis jarak tempuh dari pintu Tol Bitung ke lokasi Pasar Induk Jatiuwung hanya 10 menit. Akses yang sangat luar biasa sehingga bisa mendukung semua aktivitas dan mobilitas pedagang, baik itu dari Sumatera maupun dari Jawa.

“Mobilitas barang-barang para pedagang sangat efektif. Pasar Induk Jatiuwung segera berdiri di Juli 2021. Selamat bergabung kepada pedagang yang telah membeli lapak di Pasar Induk Jatiuwung dan yang belum diharapkan segera membeli,” beber Suwito.

Ia mengajak kepada para pedagang untuk segera bergabung dengan Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung. Los-los pedagang sudah digaris jalan dan area parkir pun serta bangunan sedang penyelesaian akhir. Dalam waktu dua bulan ke depan seluruh pembangunan sudah selesai 100 persen.

“Kami manajemen Pasar Induk Jatiuwung memikirkan segala sesuatunya untuk kemaslahatan masyarakat Kota Tangerang, pasar induk ini akan menampung seluruh pedagang yang ada di Kota Tangerang khususnya dan Provinsi Banten umumnya,” beber Suwito.

Tokoh Masyarakat Tangerang, Saiful Milah menegaskan keberadaan Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung mendongkrak perekonomian masyarakat Tangerang. Penataan pasar tersebut sangat apik sehingga akan menjadi percontohan pasar induk terbersih di negeri ini.

Di luar hal perdagangan, juga banyak tenaga kerja yang akan diserap oleh kehadiran Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung. Pembangunan pasar ini direncanakan secara baik dan matang sehingga efek positif yang pasti akan dirasakan oleh masyarakat.

“Dalam hal ekonomi, masyarakat bisa berkegiatan di sini. Demikian pula dengan mereka yang kapasitasnya sebagai pekerja di lingkungan pasar induk ini. Masyarakat akan merasakan dampak positif ekonomi dari pasar ini,” urai Saiful Milah yang juga anggota DPRD Kota Tangerang.

Direktur Operasional PT Bina Pasar Mandiri, Siswanto menegaskan untuk bidang keamanan pihaknya melibatkan satuan-satuan yang berada di dekat pasar induk tersebut yakni polisi mìliter, Garnisun, Yonif 203 dan kepolisian. Sistem keamanan sudah diatur guna kenyamanan pedagang dan pembeli pasar induk ini. “Kami sudah mengambil contoh dari pasar-pasar lain sehingga bisa memberi rasa keamanan dan kenyamanan bagi para pedagang serta pembeli Pasar Induk Jatiuwung,” terang Siswanto.

Legal Advisor PT Bina Pasar Mandiri, Sasa Sukmana mengatakan semua perijinan Pasar Induk Jatiuwung sudah lengkap. Ijin lokasi, IPPT, IMB dan Ijin Usaha Pengelolaan Pasar Tradisional sudah dikantongi. Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tangerang yang telah menerbitkan semua perijinan pasar ini. “Diterbitkannya perijinan-perijinan ini merupakan dukungan Pemerintah Kota terhadap Pasar Induk Jatiuwung. Sekarang kami hanya menuntaskan penyelesaian akhir pembangunan fisik pasar ini,” terang Sasa Sukmana.

Rektor Universitas Raharja, Po Abas Sunarya menjelaskan konsep Pasar Induk Jatiuwung sangat rapi dan konstruksi kokoh. Kehadiran pasar ini menjadi sentral karena berdekatan dengan jalur lalu lintas nasional Jawa – Sumatera sehingga bisa melayani masyarakat Banten dan Jakarta.***

• A San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here