Studi Safari Siswa dan Diplomasi Diaspora MAKAH MARA SPMAA Lamongan

0
223

POSBUMI.COM,LAMONGAN – Eksestensi dan kiprah Yayasan Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) yang berada di Desa Turi, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini, telah diakui oleh Pemkab Lamongan sebagai aset berharga, dan salah satu ikon dalam menebarkan ilmu pengetahuan di seluruh Nusantara.(01/08/2023)

SPMAA merupakan yayasan yang didirikan pada tahun 1961 oleh Abah Kyai Abdullah Muchtar ini telah membuktikan sebagai wahana ilmu dan keilmuan, baik sosial maupun religi yang disebar berlandaskan Islam ini berhasil menyempurnakan pembangunan spiritual bagi masyarakat Lamongan.

Karena itulah Pemerintah Kabupaten Lamongan, mekalui Bupati H. Yuhrohnur Efendi, menggandeng yayasan ini untuk membantu mewujudkan pembangunan di kota soto, karena di SPMAA ini terdapat pengembangan swadaya masyarakat nirlaba yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan, lingkungan hidup dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui media pembinaan mental spiritual secara islami.

Terkini dari berbagai kegiatan di SPMAA yang bisa diupdate media ini adalah planning besarnya yakni program Studi Safari Diplomasi Diaspora Internasional yang rencananya mengunjungi 4 negara di kawasan Asia Tenggara.

Program ini oleh para pemangku yayasan sebagai wujud nyata, mengikuti santiaji wawasan wiyata mandala dan wawasan kebangsaan bela negara.

Selain juga, memelajari ilmu komunikasi lintas bangsa budaya bahasa lewat giat kepemanduan karya wisata. Menyambangi komunitas perantauan Indonesia di manca negara beserta praktik terbaik usaha tugas/dinas profesinya; pelajar, pekerja, diplomat dan keluarga diaspora.

Data yang dihimpun media ini, ada beberapa lokasi yang akan menjadi tujuan kunjungan, yakni Batam, Singapura, Malaysia, Thailand. Dengan tujuan spesifik, seperti Kedutaan Besar Republik Indonesia, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), Komunitas keluarga Diaspora Indonesia, dan Lokasi wisata ikon negara, dll.

Dipaparkan oleh Gus Adhim, bahwa kegiatan ini bagian dari orientasi studi siswa baru madrasah (MPLS/Matsama) selain bagian pembelajaran implementasi kurikulum merdeka (IKM), penguatan profil Pelajar Pancasila dan moderasi beragama.

Urgensinya juga sebagai pengenalan lingkungan pembelajaran kelas global lintas internasional, diantara materinya wawasan wiyata mandala dan wawasan kebangsaan bela negara.

β€œBismillaah sesuai titel program ini Studi Safari Diplomasi Diaspora, di kegiatan ini akan dilakukan Silaturahim, silatul fikri bersama keluarga siswa dan berbagi kelas inspirasi keluarga perantauan Indonesia di manca negara. Adapun perjalanan pembelajaran wira usaha storyteller & swakelola swadaya backpacker traveller. Nyuwun doanya,” ungkapnya. (KebekPB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here