Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19 Polres Majalengka Gelar Simulasi

0
645

POSBUMI.COM,MAJALENGKA- Polres Majalengka Polda Jawa Barat melaksanakan simulasi tata cara pemulasaran (mengurus) jenazah yang meninggal akibat virus Corona.

Simulasi yang tergabung dalamΒ Tim Pemulasaran Jenasah Covid-19 atau tim bersama mengurus jenazah terinveksi Corona Virus Disease (Covid-19) berlangsung di halaman Mapolres Majalengka, Jawa Barat, Senin (20/4/2020).

Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19 terdiri 65 personel tersebut tergabung dari Polres Majalengka beserta Polsek dan jajaran.

Tim pemulasaran dengan menggunakan seragam Alat Pelindung Diri (APBD) dan masker secara lengkap melakukan praktik penanganan jenazah Covid-19 sejak pasien meninggal hingga penguburan jenazah. Hal itu dilakukan guna melatih kesiapan, jika ada warga yang meninggal dunia akibat wabah Covid-19.

Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso SH, S.IK, MH menyampaikan terima kasih atas kegiatan simulasinya sudah berjalan baik.

β€œKegiatan ini adalah sebagai antisipasi apabila hal tersebut terjadi diwilayah kita,” ujar AKBP Bismo.

Ia menerangkan, agar dalam pelaksanaannya nanti dipedomani prosedur pemulasaraan sesuai prosedur yang telah dilatihkan atau prosedur pemulasaraan jenazah terpapar Covid-19.

Sebelum dilakukan simulasi, tim pemulasaran jenazah Covid-19 lebih awal mendapatkan materi. Setelah itu dilanjutkan simulasi dan praktik.

Tim pemulasaran langsung melakukan praktik penanganan jenazah Covid-19 sejak pasien meninggal hingga penguburan jenazah. Hal itu dilakukan guna melatih kesiapan, jika ada warga yang meninggal dunia akibat wabah Covid-19.

Sementara pengurusan jenazah Covid-19 itu dimulai dari prosedur pemakaian APD secara lengkap oleh tim pemulasaran, kemudian proses prosedur memandikan jenazah, mengkafankan dan pembungkusan jenazah.

Setelah itu jenazah dimasukkan ke dalam peti jenazah, cara mengangkat dan mengeluarkan peti jenazah dari kamar mayat menuju ke mobil ambulans, hingga membawa jenazah itu ke tempat pemakaman dan pengamanannya saat penguburan.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso, Wakapolres Majalengka, para PJU Polres Majalengka, para Kapolsek beserta jajaran, tim antisipasi pemakaman masyarakat terpapar Covid-19 sebanyak 65 personil dari Polres Majalengka dan Polsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here